Comparative Study 3 Countries 2020: Belajar di Kampus Terbaik Asia, Belajar Bisnis, dan Mengenal Kebudayaan

Dalam rangka program Fully Funded Comparative Study 2020, Studback dengan Global Youth Action berhasil membawa 124 peserta dengan 3 orang sebagai peserta yang lolos fully funded. Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 7 sampai 13 Januari 2020 ini mengunjungi 3 negara yaitu Malaysia, Singapura, dan Thailand. Tidak hanya liburan biasa, peserta Comparative Study juga berkesempatan untuk belajar dan menambah wawasan mereka tentang ilmu bisnis dan kebudayaan melalui kegiatan yang diadakan dalam satu rangkaian perjalanan.

Perjalanan tim Comparative Study diawali di negara Singapura. Di negara yang sudah maju ini, peserta di ajak melaksanakan kegiatan berupa Campus Tour di Nanyang Technological University (NTU) Singapura. Tak hanya itu, peserta juga berkesempatan untuk melakukan sharing session bersama Perhimpunan Pelajar NTU. Peserta sangat antusias dalam kunjungan ini, menilik NTU merupakan salah satu kampus dengan reputasi terbaik di Asia. Dilansir dari laman CNN Indonesia berdasar versi QS University Ranking, NTU berada pada peringkat kedua setelah National University of Singapore. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah semangat para peserta untuk tidak pernah menyerah dalam menuntut ilmu.

Sebelum singgah ke Malaysia, peserta terlebih dahulu melakukan kegiatan Market Research di Singapura. Kegiatan yang hampir diikuti oleh hampir semua peserta ini mengambil 10 orang pemenang. Dengan juara 1 Yasmin Zahra Khairunnisa dari Universitas Padjajaran, juara 2 Darwin Silalahi dari Universitas Udayana Bali, dan juara 3 dimenangkan oleh Kamila Amalia dari Universitas Surabaya.

Perjalanan dilanjutkan ke Malaysia. Di negara yang terkenal dengan sebutan Negeri Jiran ini, peserta diajak mengunjungi Malaysian Global Innovation and Creativity Centre (MaGIC). Acara di isi dengan seminar Internasional tentang “How to Start a Startup” bagaimana memulai sebuah bisnis. Tujuan acara ini adalah untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi peserta Comparative Study.

Setelah berkutat pada kunjungan edukasi, saatnya tim Comparative Study mengunjungi objek wisata yang ada di ketiga negara di atas. Kunjungannya meliputi Merlion Park dan Universal Studios di Singapura. Di Malaysia, peserta di manjakan dengan berkunjung ke Menara Kembar Petronas dan Batu Caves. Semua peserta tampak asyik memotret objek dan berswafoto bersama.

Kebudayaan Thailand yang Masyhur

Kunjungan negara ketiga dari serangkaian agenda kegiatan Comparative Study adalah Thailand. Di negeri gajah putih ini, peserta diajak mengenal berbagai budaya Thailand. Tujuan wisatanya meliputi kawasan Dataran Merdeka, Wat Rong Khun (kuil putih modern), Chang Puak Elephant Camp Hat Yai, Patung Buddha Tidur, dan Klonghae Floating Market.

Salah satu tempat paling menarik yang dikunjungi yaitu Floating Market. Floating Market di Thailand tidak hanya satu, namun salah satu yang paling menarik yaitu Klonghae Floating Market karena disini banyak menyediakan makanan halal.  Aneka jajanan khas Thailand dijajakan disini dengan penjual yang berada di atas perahu kayu kecil. Tak hanya makanan, disini juga menjual cindera mata untuk dijadikan oleh-oleh. Konsep pasar ini sama dengan pasar terapung yang ada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Leave a Reply