Bongkar Cara Belajar Rifqi, Juara 1 Ekonomi OSN GYA

Menjadi juara 1 Olimpiade Sains Nasional Global Youth Action memang memerlukan persiapan yang matang karena kamu harus menghadapi dan mengalahkan peserta-peserta lain yang tidak kalah jagonya. Salah satu orang yang berhasil mengalahkan lawan-lawannya dan meraih juara 1 OSN GYA mapel Ekonomi adalah Rifqi.

Nama lengkapnya adalah Rifqi Dwi Agustian. Saat ini ia duduk di kelas 12 jurusan IPS SMAS Muhammadiyah Mayong, Jepara, Jawa Tengah. Ia adalah seorang pelajar yang sangat tertarik dengan ilmu ekonomi. Ia sangat mengikuti perkembangan ekonomi khususnya pada saat mewabahnya covid-19 ini. Dalam wawancara yang dilakukan oleh Global Youth Action, ia mengatakan bahwa dengan mengetahui tentang ilmu ekonomi, kita akan mampu memahami ke arah mana pemerintah akan membangun Indonesia. Hal itu adalah alasannya mengikuti OSN GYA.

“Ekonomi merupakan cakrawala yang sangat dibutuhkan Indonesia khususnya pasca pandemi covid-19. Dengan kita tahu tentang ilmu ekonomi kita mampu memahami kearah mana pemerintah akan membangun Indonesia kedepannya.” jelas Rifqi.

Tips Belajar dari Rifqi

 Ada 4 step belajar yang dilakukan oleh Rifqi selama mempersiapkan diri menghadapi OSN GYA. Yup, ternyata Rifqi sudah tau betul apa saja yang harus dilakukan untuk menjadi juara OSN GYA.

 Pertama, dengan mengenali diri sendiri. Ia menekankan bahwa metode belajar setiap orang berbeda-beda, jadi jangan hanya ikut-ikutan. Dalam hal ini, Rifqi menerapkan metode belajar interval, yaitu dengan mempelajari materi – istirahat – review – ulangi. Ia juga mengatakan jika belum paham materi yang dipelajari, jangan dipaksakan, masih ada hari esok untuk mempelajari ulang materinya.

“Jangan sampai hanya ikut-ikutan belajar pagi-siang-sore-malem yang ada hanya membuat otak capek. Jika saya sendiri belajar dengan metode interval belajar-istirahat-review-ulangi. Ingat satu hal lagi, jangan paksakan, tidak paham materi masih ada hari esok!!”

Kedua adalah dengan menyediakan buku beserta alat tulis. Menurutnya, materi akan lebih cepat masuk otak dengan cara mencatat poin-poin penting di buku catatan. Tujuannya supaya poin-poin tersebut dijadikan kerangka berpikir sehingga mudah dipahami.

“Sembari belajar, poin-poin penting dari materi dicatat pada buku khusus tujuannya supaya menjadi kerangka materi sehingga mudah untuk dipahami. Boleh juga dihias pakai stabilo atau bolpoin warna.”

Step selanjutnya dengan memprioritaskan latihan soal. Rifqi beranggapan bahwa banyak latihan soal membantu mengukur kemampuan kita. Menurutnya lebih banyak mempelajari materi dibandingkan latihan soal malah kurang efektif.

“Dengan melatih soal kita tahu seberapa jauh kemampuan yang dimiliki, kekurangannya baru dicari untuk dipelajari. Berdasarkan analisis saya, terlalu banyak baca materi daripada soal malah kurang efektif.”

Yang terakhir adalah dengan menyediakan secangkir teh bersama cemilannya. Kemudian belajar di tempat yang teduh, sejuk, tenang dan jauh dari distorsi.

“Untuk minum utamanya air putih boleh juga yang lain opsional. Jika sudah lama duduk, olahraga sebentar di tempat.” tambahnya.

Kata Rifqi Tentang OSN GYA

Menurutnya, hal yang paling berkesan untuknya adalah pada tahap final OSN GYA.

“Kesan paling meng-greget itu ketika final OSN GYA #1. Kala itu kan final dilakukan secara adu cepat, bisa dapet kesempatan menjawab saja itu udah sangat bersyukur banget, terlebih waktu itu saya menggunakan HP.”

Whoa, hebat banget Rifqi bisa menang meskipun mengikuti tahap final menggunakan handphone!

Sebagai juara OSN GYA, Rifqi berpesan kepada seluruh generasi muda Indonesia untuk terus berjuang untuk Indonesia.

“Kita adalah generasi emas 46 yang diharapkan menjadi motor pembangunan negara tercinta kita, Indonesia. Yuk, untuk Indonesia singkirkan semua ego kita rangkul tangan kita satu per satu, kita bangun Indonesia Maju!!!”

Baca Artikel OSN Lainnya :
Fahmi: Kunci Menjadi Juara Adalah Konsisten
Adinda: Juara 1 Astronomi OSN GYA
Tips Juara Ala Ghina, Pemenang OSN GYA Mapel Sejarah.
Abdilbar, Juara 1 Fisika OSN GYA yang Tidak Pernah Takut Gagal.
Bongkar Cara Belajar Rifqi, Juara 1 Ekonomi OSN GYA
Filosofi Mie Instan Dari Rachel, Juara 1 Mapel Biologi OSN GYA
Menjadi Juara 2 OSN GYA #1, Begini Cara Puji Belajar.

Daftar OSN Global Youth Action

Leave a Comment

Your email address will not be published.