Belajar dari si Filsuf Voltaire

Narasumber: Zaki Zahya

Zaki Zahya, mahasiswa Universitas Diponegoro ini berhasil lolos menjadi TOP 20 dalam program Fully Funded Batch II Comparative Study 2020. “Saya ingat kata Voltaire, seorang filsuf dari Perancis, dan juru bicara abad pencerahan, katanya “semakin banyak saya membaca, semakin banyak saya berpikir, semakin banyak saya berpikir semakin saya sadar bahwa saya tidak tau apa-apa”, saya selalu pegang kata-kata itu untuk memastikan bahwa sebanyak apapun pengalaman atau hal yang sudah saya pelajari, itu belum cukup, masih banyak hal yg belum saya kenal,” itulah motivasinya dalam mengikuti program ini.

Awalnya ia ragu, namun melihat sudah banyak teman yang menjadi bagian dari program serupa ini, akhirnya ia tertarik untuk menjalani tantangan baru ini. “Melihat sudah sejauh apa saya belajar dan semacamnya, dan motivasi lainnya adalah saya yakin, jika berhasil, saya pasti bertemu banyak orang hebat lain yang saya pasti bisa banyak belajar dari mereka, intinya motivasi saya mengikuti program ini untuk belajar lebih banyak dan menantang diri saya sendiri,” ungkap mahasiswa Administrasi Bisnis 2019 ini.

Kata-kata Voltaire yang ia pelajari tidak hanya berlaku pada bacaan, pun pada pengalaman yang menjadi dasar tertarik untuk mengexplore lagi banyak hal yang menarik lainnya, salah satunya program ini.

Leave a Comment