S A A S L A N D

Loading

Surya Prawira Adinata, juara 5 Lomba Cerdas Cermat (LCC) Online Global Youth Action

Seperti yang telah diketahui, Global Youth Action (GYA) telah merampungkan program Lomba Cerdas Cermat (LCC) dan lima peserta keluar sebagai pemenangnya. Salah satunya adalah Surya Prawira Adinata. Surya menjadi juara kelima dalam LCC yang diadakan oleh GYA pada 20 Desember 2020 lalu.

Mahasiswa asal Surabaya ini tengah berkuliah di Universitas Surabaya Fakultas Psikologi. Ia sangat bersyukur menjadi juara 5. “Bersyukur menjadi juara 5 karena tidak hanya mendapatkan hadiah atau benefit seperti piala, kaos, dan sertifikat tetapi juga karena memberikan wawasan yang baru tentang budaya-budaya Indonesia,” ungkapnya.

Sebelumnya, ia tidak menyangka sama sekali kalau akan mendapat juara. Persaingan yang sengit membuatnya berpikir demikian. Oleh karena itu, ia terkejut ketika keluar sebagai pemenang. “Perasaan pastinya kaget dan bangga pada diri sendiri, saya juga bersyukur bisa menang berkat dukungan dari orang tua dan teman-teman, juga jaringan internet tercinta,” candanya.

Agar bisa menguasai materi, Surya menceritakan bahwa ia harus belajar kembali untuk mengingat. Baginya materi yang dilombakan sudah lumayan awam, karena jurusan kuliahnya saat ini yaitu Psikologi, jarang dan bahkan tidak pernah menyenggol materi tentang kebudayaan ataupun sejarah Indonesia. “Sekarang bidang perkuliahan saya tidak banyak yang menyinggung tentang budaya-budaya yang ada di Indonesia seperti makanan khas, adat istiadat, pakaian daerah, senjata-senjata, dan juga sejarah tentang perjuangan pahlawan-pahlawan untuk mencapai kemerdekaan Republik Indonesia,” ceritanya.

Dalam prosesnya, Surya sempat mendapat kendala koneksi internet. Ia sempat terlempar dari ZOOM karena koneksi internet yang kurang bagus. “Satu hal lagi, karena cara menjawab melalui fitur chat, pas kita mau menjawab itu ngelag banget, terasa seperti di spam karena semuanya rebutan menjawab,” tambahnya.

Namun, dibalik kendala tersebut, ia senang karena dapat belajar lagi mengenal Indonesia dan bisa mendapat teman baru. “Senang bisa mengenal jauh tentang apa yang ada di Indonesia, selain itu saya juga mendapatkan banyak teman-teman baru dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia,” tutupnya.

Leave a Comment