Menjadi Juara 2 OSN GYA #1, Begini Cara Puji Belajar.

Berkenalan dengan Puji, Gadis Bali yang Menjadi Juara 2 OSN GYA

Namanya Ni Kadek Puji Paramitha Surya atau yang kerap disapa Puji. Pelajar asal Bali yang kini duduk di bangku kelas XI SMA NEGERI 9 DENPASAR berhasil mengalahkan ratusan pesaingnya dari seluruh Indonesia dalam Olimpiade Sains Nasional Global Youth Action bidang Biologi.

Selain mencoba produktif di masa pandemi, alasan Puji mengikuti OSN GYA ialah ingin menambah pengalaman dan mengasah kemampuan.

“Alasan saya mengikuti OSN GYA#1 yaitu ingin mengasah kemampuan, mencoba produktif di masa pandemi ini dan ingin menambah pengalaman.” Jelas Puji ketika diwawancarai oleh Tim Global Youth Action.

Tips Juara Dari Puji: Kenali Diri dan Ikut Try Out OSN GYA

“…gak nyangka masuk ke tahap final dan bisa meraih juara.”

Meskipun tidak menyangka akan jadi juara, namun Puji mempersiapkan kompetisi ini dengan sangat baik dan cerdas. Menurut Puji, hal yang paling penting agar menjadi juara adalah dengan mengenali diri sendiri.

“Saya memilih mapel Biologi dengan alasan saya lebih suka menghafal dan memahami dan merasa lebih paham mengenai materi-materi biologi.” tegasnya.

Puji lebih suka menghafal dan memahami, karena itu, ia memilih mapel Biologi di OSN GYA #1 lalu.

Selain mengenali diri sendiri, tips menjadi juara lain dari Puji adalah mengikuti Try Out dan mempelajari materi berdasarkan kisi-kisi yang diberikan oleh panitia.

“Tips and trik saya mengikuti OSN GYA#1 yaitu membaca dan mempelajari kisi-kisi yang diberikan, mengikuti try out GYA, selalu latihan soal baik itu di buku maupun di internet dan paling penting selalu berdoa.” kata Puji

Dari Merasa Tertantang, Menjadi Banyak Teman dan Pengalaman

“Kesan saya saat mengikuti OSN GYA #1 yaitu senang karena bisa menambah pengalaman, dan saya mendapatkan teman baru, gak nyangka masuk ke tahap final dan bisa meraih juara, panitianya juga menjawab pertanyaan dengan cepat, dan merasa tertantang banget karena yang mengikuti OSN GYA #1 ini sangat banyak dan merasa lebih semangat.” Kata Puji saat Tim Global Youth Action bertanya tentang kesan yang didapatkan setelah mengikuti OSN GYA #1.

Ia juga berpesan kepada generasi muda Indonesia, khususnya mereka yang masih duduk dibangku sekolah untuk memanfaatkan waktu untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat seperti mengikuti OSN GYA.

“Pesan saya untuk generasi muda Indonesia yaitu manfaatkan waktu yang ada untuk hal-hal yang bermanfaat seperti mengikuti OSN GYA ini dan jangan sia-sia kan kesempatan yang ada.”

Baca Artikel OSN Lainnya :
Fahmi: Kunci Menjadi Juara Adalah Konsisten
Adinda: Juara 1 Astronomi OSN GYA
Tips Juara Ala Ghina, Pemenang OSN GYA Mapel Sejarah.
Abdilbar, Juara 1 Fisika OSN GYA yang Tidak Pernah Takut Gagal.
Bongkar Cara Belajar Rifqi, Juara 1 Ekonomi OSN GYA
Filosofi Mie Instan Dari Rachel, Juara 1 Mapel Biologi OSN GYA
Menjadi Juara 2 OSN GYA #1, Begini Cara Puji Belajar.

Daftar OSN Global Youth Action

Leave a Comment

Your email address will not be published.