Lomba Cerdas Cermat, Oase Berprogres dan Berprestasi di Tengah Pandemi

Anum Intan Maulidi, Juara 1 Lomba Cerdas Cermat (LCC) Online Global Youth Action

Lomba Cerdas Cermat (LCC) Global Youth Action (GYA) yang mengusung tema “Sejauh Mana Kamu Mengenal Indonesia?” berhasil menemukan juara pertamanya yaitu Anum Intan Maulidi.

Perempuan asal Sidoarjo ini sekarang bekerja di Direktorat Jenderal Pajak setelah lulus dari PKN STAN. Ia mengungkapkan perasaannya ketika berhasil mendapat juara pertama. “Tidak menyangka sih kak, saya memang suka ikut lomba cerdas cermat, tapi kali ini saya mendaftar karena iseng dan tidak ada tujuan tertentu,” ungkapnya.

Anum mengaku, beberapa hari sebelum final sempat review kisi-kisi yang diberi oleh GYA. “Itupun karena materinya banyak banget jadi banyak yang menguap hahaha,” candanya. Ia menambahkan bahwa ada faktor rezeki, beberapa pertanyaan di point krusial sangat relate dengan daerahnya, sehingga dapat mencuri point.

Walaupun juara satu, ia tidak menganggap dirinya mengenal Indonesia dengan baik, butuh waktu yang sangat lama untuk mengenal Indonesia secara keseluruhan. “Indonesia bukan hanya soal Pulau Jawa atau Pulau Bali, Indonesia bukan hanya tempat dimana kamu dan saya berada, tapi Indonesia adalah satu kesatuan yang sangat luas dan kompleks yang masing-masing unsurnya memiliki keunikan tersendiri, dan saya akan terus belajar mengenal Indonesia lebih baik lagi,” ceritanya.

Ia mengungkapkan bahwa tidak ada kendala dalam proses yang ada adalah tantangan. “Karena kalau cerdas cermat biasanya kita pakai bel untuk cepet-cepetan jawab, kali ini pakai room chat zoom buat cepet-cepetan jawab,” candanya.

Seperti kata pepatah “tak kenal maka tak sayang”, untuk lebih mencintai negeri sendiri, Anum memberikan sedikit tips buat generasi muda. “Saya juga masih terus belajar untuk itu, menurut saya yang penting jangan apatis dengan hal-hal kecil di sekitar kita dan jangan terlalu glorifying budaya asing,” ungkapnya.

“Terimakasih kepada panitia GYA atas ide dan inovasi yang dituangkan melalui lomba ini. Ini semacam oase untuk anak muda semuanya bahwa kita masih bisa berprogres dan berprestasi di tengah pandemi,” tutupnya.

Leave a Reply