Fahmi: Kunci Menjadi Juara Adalah Konsisten

Siang ini (2/11/21), saya berkesempatan untuk berbincang dengan Fahmi Nur Alim, peraih juara 1 mapel kimia OSN GYA #1, melalui whatsapp. Setelah berbincang beberapa saat, saya bergumam dalam hati, “wah, pantesan Fahmi bisa jadi juara 1”.

Benar sekali, Fahmi, yang sebelumnya bersekolah di SMKN 13 Bandung ini memilih mapel kimia di OSN GYA karena ia sangat suka memecahkan problem-problem yang berkaitan dengan Kimia, tak heran ia bisa mengalahkan 10 peserta lain dalam tahap final OSN GYA #1.

“Saya pilih Mapel Kimia karena relevan dengan jurusan SMK dan juga suka ngerjain problem-problem kimia.” jelasnya melalui pesan singkat.

Karena kesukaannya terhadap mapel kimia, Fahmi yang merupakan lulusan jurusan kimia analisis ini ingin melanjutkan kuliah di jurusan yang sama.

Selalu Mengisi Waktu Luang dengan Belajar Kimia

Fahmi adalah siswa yang sangat tekun. Siapa sangka, jika pemuda seusianya menghabiskan waktu luangnya untuk bermain game atau menonton film, Fahmi malah memilih belajar setiap ada waktu luang.

“Setiap hari kalau ada luang waktu pasti belajar dan mencicil materi kimia jauh-jauh sebelum lomba dimulai. Kalau belajar suka dibagi jadi 3 bagian yaitu buat review materi yang telah dipelajari, mempelajari materi baru, dan juga latihan soal.” jelas Fahmi.

Ia selalu penasaran dan selalu ingin mencari tahu tentang bidang Kimia. Rasa penasaran itulah yang mendorongnya untuk terus belajar.

“…dan juga memiliki sifat curious terhadap bidang yang dipilih, yang nantinya bakal mendorong diri buat mau belajar. Yang paling penting sih konsisten, jadi jangan setengah-setengah kalau mau berproses. Harus full kalau mau jadi langganan juara.” tuturnya ketika ditanya bagaimana caranya belajar sehingga bisa jadi juara.

Pesan Fahmi untuk Kamu

Saya melihat bahwa Fahmi adalah seseorang yang telah menemukan tujuannya. Ia tahu persis apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuannya itu, yaitu dengan belajar konsisten dan tidak setengah-setengah dalam berusaha. Karena hal-hal tersebut, ia berhasil menjadi juara 1 mapel kimia dalam OSN GYA #1

“Kalau punya impian, selesaikan sampai akhir jangan nyerah di tengah-tengah proses apalagi dibiarkan menjadi angan-angan saja. Malas atau jenuh itu wajar, tapi seorang pemenang pasti bisa mengalahkan hal tersebut.” pesan Fahmi buat kamu.

Baca Artikel OSN Lainnya :
Fahmi: Kunci Menjadi Juara Adalah Konsisten
Adinda: Juara 1 Astronomi OSN GYA
Tips Juara Ala Ghina, Pemenang OSN GYA Mapel Sejarah.
Abdilbar, Juara 1 Fisika OSN GYA yang Tidak Pernah Takut Gagal.
Bongkar Cara Belajar Rifqi, Juara 1 Ekonomi OSN GYA
Filosofi Mie Instan Dari Rachel, Juara 1 Mapel Biologi OSN GYA
Menjadi Juara 2 OSN GYA #1, Begini Cara Puji Belajar.

Daftar OSN Global Youth Action

Leave a Comment

Your email address will not be published.