Adinda: Juara 1 Astronomi OSN GYA

Mempelajari benda-benda langit dan seisinya memang sangat menarik dan tidak ada habisnya. Tak heran banyak orang yang sangat menyukai bidang ilmu ini. Seperti salah satu juara Olimpiade Sains Nasional Global Youth Action satu ini, karena cintanya kepada astronomi itu membuatnya meraih juara 1 mapel astronomi di Olimpiade Sains Nasional Global Youth Action. Namanya Adinda Putri Jannatul Firdaus, gadis asal Jember yang duduk di kelas XII SMA Nuris Jember.

Menjadi Tutor Sebaya di Club Astronomi

“Alasan aku mengikuti OSN GYA adalah untuk melatih dan menambah pengetahuan di bidang astronomi. Cz I Love Astronomyyyyy. Selain itu, kompetisi ini sangat menarik, dan benefitnya pun tidak tanggung tanggung. Pokoknya sukaaa!!!”

Bagi Adinda, mempelajari alam semesta dan isinya adalah tantangan untuknya. Melatih dan menambah pengetahuan tentang astronomi adalah misi Adinda mengikuti OSN GYA. Ia ingin membagi pengetahuan dan pengalaman yang ia dapat kepada teman-teman club astronomisnya. Ya, Adinda adalah seorang tutor sebaya di klub astronomi sekolahnya. Wah, hebat banget!

“Aku memilih bidang astronomi, karena memang aku dari jurusan IPA, lebih spesifiknya di astronomi, juga dipercaya menjadi tutor sebaya di club astronomi sekolahku. Jadi, aku ingin menambah pengetahuan keilmuan di bidang ini agar aku bisa berbagi.” tutur Adinda saat diwawancarai.

Selain karena alasan itu, Adinda memutuskan untuk mengikuti OSN GYA karena menurutnya kompetisi tersebut sangat menarik dan benefit yang didapatkan pemenang tidak tanggung-tanggung.

“Selain itu, kompetisi ini sangat menarik, dan benefitnya pun tidak tanggung tanggung. Pokoknya sukaaa!!!”

Tips dari Adinda: Kenali Cara Belajarmu

Untuk menjadi juara, Adinda memiliki tips dan trik yang selalu ia terapkan saat belajar, yaitu mengenali tipe belajarnya. Ia menyadari bahwa tipe belajarnya adalah kinestetik yang lebih suka belajar dengan dengan praktik atau observasi langsung.

“Karena aku adalah anak yang tipe belajarnya kinestetik, aku lebih suka praktek, ataupun observasi langsung. Selain itu, biasanya aku belajar dari soal soal yang ada di internet. Membaca lewat situs yang ada, dan juga dari youtube pastinyaaa.”

Wah, ternyata belajar hanya dari internet dan youtube juga bisa mengantarkan Adinda menjadi juara, lho. Terus gimana sih cara Adinda mempersiapkan diri mengikuti OSN GYA?

“Untuk tips dan trik mengikuti OSN GYA, pastinya banyak banyak latihan soal, dan perbanyak juga membaca. Seperti membaca ensiklopedia, dll.” kata Adinda

Keyakinan yang Kuat Mengalahkan Segala Hambatan

Pada awalnya Adinda ragu untuk mengikuti kompetisi ini meskipun ia sangat mencintai astronomi. Dia beranggapan kompetisi ini sangat sulit dan banyak saingan. Namun ternyata ia berhasil mengalahkan kompetitor-kompetitornya dan memenangkan kompetisi ini.

“Awalnya, sempat ragu untuk mendaftar, dikarenakan dari posternya terlihat sangat sulit dan pastinya yang ikut banyak banget. Tapi, saat pengumuman babak penyisihan, alhamdulillah lolos top 10. Beruntungnya, saat final, jadi naik di peringkat pertama. Keren sih OSN GYA, bikin deg deg. Greget banget mekanisme finalnya.”

Adinda berhasil membuktikan bahwa meskipun dia ragu, namun semangatnya untuk belajar dan mendapatkan pengalaman jauh lebih besar. Karena kompetisi sebenarnya bukan tentang kalah dan menang, tapi tentang bagaimana kamu memainkan permainan sehingga kamu mengetahui apa yang sebelumnya belum kamu ketahui dan mencoba hal-hal yang belum kamu coba jauh lebih penting dari juara.

Baca Artikel OSN Lainnya :
Fahmi: Kunci Menjadi Juara Adalah Konsisten
Adinda: Juara 1 Astronomi OSN GYA
Tips Juara Ala Ghina, Pemenang OSN GYA Mapel Sejarah.
Abdilbar, Juara 1 Fisika OSN GYA yang Tidak Pernah Takut Gagal.
Bongkar Cara Belajar Rifqi, Juara 1 Ekonomi OSN GYA
Filosofi Mie Instan Dari Rachel, Juara 1 Mapel Biologi OSN GYA
Menjadi Juara 2 OSN GYA #1, Begini Cara Puji Belajar.

Daftar OSN Global Youth Action

Leave a Comment

Your email address will not be published.