Tips Juara Ala Ghina, Pemenang OSN GYA Mapel Sejarah.

“Belajarlah untuk memahami sebuah  kegagalan,  karena kegagalan itu bukan berarti tanpa makna.  Yang mengatasnamakan  bahwa semua kegagalan adalah sesuatu yang telah berakhir, berhentilah berpikir seperti itu. Apabila kita bisa memaknai arti sebuah kegagalan, ingatlah kegagalan itu adalah membentuk siapa diri kita, dan  akan menjadikan kita sebagai manusia paling terkuat dalam menjalani kehidupan, dalam meraih masa depan, dan kita harus yakin bahwa kita memiliki akhir dan tombak yang indah jika kita tidak menyerah. Jadi  tetaplah semangat meraih cita dan harapan, untuk para pemuda, kita pasti bisa!” pesan Ghina, juara OSN GYA, untuk semua generasi muda Indonesia.

Ghina: Juara 1 Mapel Sejarah OSN GYA

Meskipun baru sekali mengikuti kompetisi nasional, Ghina Wirananda Firasdita Putri, siswa kelas 12 SMA N 7 Jakarta berhasil meraih juara 1 di Olimpiade Sains Nasional Global Youth Action (OSN GYA) di mata pelajaran sejarah.

Wah, hebat banget Ghina! Gimana sih tips dan trik jadi juara OSN GYA ala Ghina?

Saat diwawancarai, Ghina mengatakan bahwa sejarah adalah mata pelajaran yang ia sukai. Karena dengan mempelajari sejarah, ia bisa mengetahui kejadian-kejadian masa lampau dan asal muasal suatu peristiwa. Dengan mempelajari hal tersebut, ia mendapat gambaran yang jelas mengenai aspek-aspek yang ada di dunia, mulai dari perkembangan teknologi, sistem pemerintahan, hingga perilaku sosial dan budaya yang ada di masyarakat.

Awalnya, Ghina mengikuti OSN GYA hanya untuk menambah pengetahuan dan wawasan agar dia bisa lebih tau banyak hal, khususnya tentang kompetisi nasional. Dia juga ingin mengasah kemampuannya di bidang yang sangat disukainya, yaitu sejarah. Dia juga ingin meningkatkan keberanian dan kompetensi dirinya. Tapi siapa sangka ia berhasil mengalahkan 9 finalis lainnya.

“Alasannya ingin menambah pengetahuan dan wawasan yang lebih luas. Untuk melatih dan mengasah kemampuan saya di bidang sejarah. Dan juga untuk meningkatkan keberanian dan kompetensi diri.” tuturnya.

Ghina mengatakan, meskipun sejarah adalah bidang yang membahas tentang runtutan peristiwa dari masa lampau, namun kunci sukses untuk mempelajarinya adalah tidak dengan menghafal. Ghina menerapkan mindful learning.

“Kunci suksesnya adalah jangan menghafal. Terapkan mindful learning atau belajar bermakna. Maksudnya, menghayati materi. Mengaitkan konsep, dalil, teorema dan hukum yang ada dengan kehidupan sehari-hari.”

Tips Juara OSN GYA: Keluar dari Zona Nyaman dan Berani Ambil Resiko

Salah satu hal yang membuat Ghina jadi juara OSN GYA adalah banyak belajar dan keluar dari zona nyaman. Ia juga menuturkan bahwa untuk jadi juara, ia harus berani mengambil resiko dan mau untuk terus belajar dari orang-orang terdekat.

“Saya baru pertama kali  mengikuti osn, jadi kita perlu banyak belajar untuk banyak  mengaplikasikan diri, untuk keluar dalam zona nyaman, kita harus bisa berani mengambil resiko, dan kita yakin kita mau terus belajar dari orang-orang terdekat.”

Selain itu, menurut Ghina, hal lain yang wajib dilakukan agar menjadi juara OSN GYA adalah mempelajari kisi-kisi dan banyak-banyak latihan soal dengan mengikuti Try Out OSN GYA.

“Kesan saya mengikuti OSN GYA yaitu susah-susah gampang soalnya, tp sebelum memasuki babak tahap penyisihan dilakukan TO dahulu untuk latihan, menurut saya bagus sih karena jarang-jarang yang ngadain TO dlu sebelum OSN nya dimulai, terus juga dikasih kisi-kisinya, jadi saya bisa belajar maksimal dan jadi juara.” Itu dia tips dan trik menjadi juara OSN GYA ala Ghina Wirananda Firasdita Putri. Kamu juga bisa jadi juara kalau kamu terus mencoba dan berusaha, Young Leaders!

Baca Artikel OSN Lainnya :
Fahmi: Kunci Menjadi Juara Adalah Konsisten
Adinda: Juara 1 Astronomi OSN GYA
Tips Juara Ala Ghina, Pemenang OSN GYA Mapel Sejarah.
Abdilbar, Juara 1 Fisika OSN GYA yang Tidak Pernah Takut Gagal.
Bongkar Cara Belajar Rifqi, Juara 1 Ekonomi OSN GYA
Filosofi Mie Instan Dari Rachel, Juara 1 Mapel Biologi OSN GYA
Menjadi Juara 2 OSN GYA #1, Begini Cara Puji Belajar.

Daftar OSN Global Youth Action

Leave a Comment

Your email address will not be published.