Abdilbar, Juara 1 Fisika OSN GYA yang Tidak Pernah Takut Gagal.

Memiliki hobi membaca dan menonton film-film science fiction menjadikan Abdilbar Ainur Ridla menyukai fisika. Dan kesukaannya terhadap fisika itu yang membuatnya menjuarai Olimpiade Sains Nasional Global Youth Action (OSN GYA).

“Saya mengambil mapel Fisika. Alasan saya mengambil mapel itu karena saya lebih unggul di bidang tersebut sekaligus ingin memperdalam pelajaran terkait soal-soal fisika.” ujar Abdilbar.

Saat ini, Abdilbar duduk di kelas 12 SMA N 2 Bangkalan, Jawa Timur. Ia mengikuti OSN GYA untuk melatih kemampuannya di bidang fisika, menambah pengalaman baru dan juga untuk mencari teman baru.

“Alasan saya mengikuti OSN GYA adalah untuk melatih kemampuan saya, menambah pengalaman baru, dan mungkin menambah relasi pertemanan juga.”

Belajar dengan Konsisten 45 Menit Sehari

Apa sih yang membuat Abdilbar menjuarai OSN GYA?

Jawabannya adalah dengan belajar 45 menit setiap hari. Ia mengatakan bahwa konsistensi adalah kunci. Belajar 45 menit yang dilakukan setiap hari ternyata lebih efektif dibandingkan dengan belajar berjam-jam namun hanya 1-2 kali seminggu. Selain itu, Abdilbar juga menerapkan belajar yang efektif, yaitu hanya mempelajari materi-materi yang ada dalam kisi-kisi.

“Jangan lupa juga berdoa.” katanya.

Menurut Abdilbar, yang tidak kalah penting adalah memantau informasi mengenai OSN GYA agar tidak ketinggalan informasi kapan Try Out dan lomba dilaksanakan. Karena selain belajar yang efektif, banyak latihan soal juga faktor yang membuatnya menjadi juara OSN GYA.

Jangan Pernah Takut Gagal

Abdilbar berpesan untuk para generasi muda Indonesia untuk jangan takut gagal karena dengan kegagalan itu, kita bisa mengetahui ribuan cara agar dapat menaklukan setiap rintangan yang kita hadapi dan mengetahui letak kesalahan kita.

“Seperti yang dikatakan Thomas Alfa Edison bahwa “Jenius adalah 1% Inspirasi dan 99% keringat. Tidak ada yang dapat menggantikan kerja keras”. Teruslah berusaha jika kita gagal kita harus bangkit.”

Baca Artikel OSN Lainnya :
Fahmi: Kunci Menjadi Juara Adalah Konsisten
Adinda: Juara 1 Astronomi OSN GYA
Tips Juara Ala Ghina, Pemenang OSN GYA Mapel Sejarah.
Abdilbar, Juara 1 Fisika OSN GYA yang Tidak Pernah Takut Gagal.
Bongkar Cara Belajar Rifqi, Juara 1 Ekonomi OSN GYA
Filosofi Mie Instan Dari Rachel, Juara 1 Mapel Biologi OSN GYA
Menjadi Juara 2 OSN GYA #1, Begini Cara Puji Belajar.

Daftar OSN Global Youth Action

Leave a Comment

Your email address will not be published.